Kematian Misterius di Hotel Cecil – Elisa Lam

Hello guys, happy weekend 🙂

Ada yang pernah dengar kasus Elisa Lam?
Ada banyak sekali konspirasi2 dari orang-orang luar mengenai meninggalnya Elisa Lam ini

Singkatnya, kasus ini masih menyimpan misteri dimana tidak tahu penyebab kematiannya yang pasti.

Gimana cerita lengkapnya? Yuk di baca sampai akhir ya

Siapa Elisa Lam?

Elisa Lam lahir pada 30 April 1991 ialah seorang mahasiswi berusia 21 tahun di Universitas British Columbia, Canada.

Pada 26 January 2013, dikarenakan padatnya aktivitas perkuliahan, Elisa memutuskan untuk melakukan solo trip ke Los Angeles dengan tujuan ingin me-refreshingkan diri.

Elisa berkunjung ke Los Angelas, dan menginap di salah satu Hotel di sana, yaitu Cecil Hotel selama 6 hari.

Sebenarnya, orangtua Elisa sangat khawatir dengan solo trip Elisa namun Elisa tetap kekeh ingin berlibur ke Los Angelas sendiri.

Dengan kesepakatan bahwa Elisa harus selalu menghubungi dan mengabari orangtuanya setiap saat, akhirnya Elisa diizinkan berangkat.

Step into the Case

Pada 31 January 2013, keluarga Elisa tidak menerima kabar apapun dari Elisa. Padahal ditanggal itu juga, Elisa harus check-out dari kamar hotelnya dan balik ke Canada.

Karna khawatir akan keberadaan anaknya, orangtua Elisa bergegas menghubungi Departemen Kepolisian Los Angeles.

Polisi menggeledah kamar hotel Cecil, namun tidak menemukan apa-apa.

Pemeriksaan CCTV pun dilakukan. Elisa Lam terakhir terlihat di CCTV di dalam lift yang mana tingkah lakunya super duper aneh.

Dalam rekaman tersebut, tampak bahwa Elisa sedang merasa ketakutan atau menghidar dari sesuatu, dan ia memencet semua tombol di lift, namun pintu lift tidak bergerak/tutup sama sekali.

Elisa mencoba melangkah beberapa langkah keluar dari lift, menjulurkan kepalanya ke lorong hotel seperti celingak celinguk, kemudian masuk lagi ke dalam lift.

Bahkan Elisa tampak serperti “sedang mengobrol” atau sedang berinteraksi dengan seseorang, padahal tidak ada siapapun yang tampak di dalam CCTV.

Hayoo bagi teman-teman yang indigo, apakah ada yang bisa lihat dengan siapa sih Elisa berinteraksi? Nih aku bagikan cuplikan Elisa Lam terakhir kelihatan dalam CCTV

Nah anehnya disini, awalnya Elisa berusaha banget ingin menutup pintu lift dengan menekan tombol-tombol lift, namun ga berhasil

Tapiiiiii, enggak lama setelah Elisa tinggali lift, pintu liftnya tertutup sendiri. Hmmm

Video tersebut disebarkan oleh pihak berwenang dengan harapan jika ada yang mengenali wajah Elisa Lam atau jika ada yang terakhir bertemu dengan Elisa Lam dapat melaporkannya ke pihak kepolisian.

Video cuplikan Elisa cukup membuat geger masyarakat dunia karna benar-benar tampak misterius dan merinding.

Penemuan Elisa Lam

Pada suatu hari, tamu hotel mengeluh kalo tekanan air di hotel melambat dan juga airnya terasa aneh dan bau. Kemudian, pekerja hotel pergi mengecek di tangki air hotel.

Sangat mengejutkan, ia menemukan tubuh seorang mayat yang mengambang di dalam tangki tanpa busana.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, akhirnya polisi memastikan bahwa mayat tersebut merupakan Elisa Lam.

Hal ini sontak mengejutkan beberapa pihak karna sangat janggal sekali seseorang bisa masuk ke dalam tangki tersebut.

Padahal tidak ada yang bisa mengakses pintu tangki tersebut kecuali staff hotel karena tindakan pemaksaan buka akan memicu alarm.

Yang lebih mind blowing, untuk membuka tangki air itu pasti berat banget sehingga sangat tidak memungkinkan seorang perempuan dengan tangan kosong bisa membuka pintu tangki tersebut.

Upaya untuk mengeluarkan Elisa Lam dari tangki tersebut dibantu oleh petugas pemadam kebarakan los Angeles, dengan membiarkan semua air dalam tangki habis dan kemudian tangki tersebut dipotong dari samping.

Hasil autopsy Elisa Lim menunjukkan bahwa Lam telah mengonsumsi sejumlah obat medis, kemungkinan obat gangguan bipolar dan tidak ditemukan sama sekali alkohol ataupun zat ilegal di tubuhnya.

Hasil dari pengamatan utama dibalik hasil otopsi Elisa didapati:
– Elisa setidaknya mengonsumsi 1 obat antidepresi pada hari itu
– Elisa tidak stabil dalam mengonsumsi obat antidepresi dan mood stabilizernya
– Elisa tidak meminum obat antipsikotiknya.

Kesimpulan yang didapat ialah Elisa Lam yang di diagnosis dengan gangguan bipolar dan depresi tidak meminum obatnya dengan benar.

Manager hotel mengatakan bahwa pada awalnya, Elisa Lam mesan kamar yang shared room dengan tamu lain. Namun, tamu tersebut sempat complain mengenai tingkah aneh Elisa sehingga berujung Elisa pindah ke kamar yang private sendiri.

Bagaiamana proses hukum mengenai kematian Elisa?

Orangtua Elisa Lam tentu tidak tinggal diam atas kasus yang menimpa putrinya.

Mereka mengajukan gugatan terhadap Hotel Cecil beberapa bulan setelah kematian putri mereka.

Namun pihak hotel melawan balik gugatan tersebut dengan berpendapat bahwa hotel tidak punya alasan untuk dapat berpikir seseorang dapat masuk ke dalam tangki air mereka.

Hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles memutuskan bahwa kematian Elisa Lam sebagai kasus yang “tidak terduga” karena terjadi di area yang tidak boleh diakses oleh tamu, sehingga segala gugatan dibatalkan.

Namun dibalik semua itu, ternyata Cecil Hotel menyimpan cerita yang tak terduga,

Cecil Hotel

Hotel Cecil yang dibuka pada tahun 1927 dikenal juga dengan sebutan “Hotel Kematian” karena sangking banyaknya kasus kriminal yang menyebabkan kematian disini.

Selama beroperasi selama 94 tahun, Cecil Hotel dipenuhi dengan perempuan malam, pengedar narkoba dan penjahat.

Cecil hotel menjadi lebih terkenal pada tahun 1950-an ketika semakin banyak tamu yang bunuh diri dengan meloncat dari jendela kamarnya.

Hotel ini juga dikenal sebagai tempat berhuni pembunuh berantai Richard Ramirez dan Jake Unterweger pada tahun 1985 dan 1991.

last words

Oke menurutku ini kasus yang lumayan menarik-dalam arti sangat membingungkan dan juga tidak terpecahkan sampai dengan sekarang.

Apalagi adanya footage yang memperlihatkan bagaimana keadaan Elisa Lam sebelum ditemukan tidak bernyawa.

Bagaimanapun juga, I hope she rest in peace, jika memang ada unsur pembunuhan, semoga bisa cepat diketemukan dan juga warning buat kita semua bahwa lagi-lagi mental health itu sangat penting sekali. So Love yourself and note that you are precious. ❤

Ohya bagi teman-teman yang penasaran gimana kisah lengkapnya, bisa nonton di dokumenter Netflix ; Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel.

okay see you guys on my next stories.

Sumber

https://allthatsinteresting.com/elisa-lam-death

https://www.hitekno.com/sains/2021/03/31/155850/kisah-kelam-elisa-lam-pelancong-yang-tewas-mengenaskan-di-tangki-air-hotel

https://id.wikipedia.org/wiki/Kematian_Elisa_Lam